Minggu, 21 Desember 2008

14 Finalis Idola Cilik 2

Berikut adalah artikel lanjutan dari artikel sebelumnya.
Baca dahulu artikel sebelumnya
"Idola Cilik 2, Idola Semua Idola" ( <- klik disini)


Begitu melihat ke14 finalis yang ada, ada kesan masing2 yang gue tangkap dari mereka. (gue gak nonton full Pentas IC 2 perdana, tapi gue udah pernah liat peserta2nya nyanyi lah setidaknya.) (sesuai Alfabet)

1. Abner

Gue prediksi dia masuk babak pentas. Kenapa? Soalnya dia membuat gue mengingat dia. Selain suara dia yang masih melengking tinggi, mukanya yg senyum terus, juga, dia lucu kalo lagi ngobrol2 ama oki. Menurut gue, dia paling interaktif ama oki diantara peserta lainnya. Interaktifnya juga keliatan gak dibuat2 atau diajarin, seperti, “ka oki cantik kok..." (keliatan kan kalo mereka ngomongnya karena diajarin ato karena beneran ngomong and gak dibuat2...).

2. Agni

Kalo liat dia, gue yakin, banyak dari penonton yang mengasosiasikan agni dengan Siti IC1. Dia tomboi. Tapi bedanya, lebih cewe dikit. Suara juga lebih mendingan lah. Komentar juri? “Aksi panggung bagus” (atau kata sejenisnya seperti “aksi panggung asik, total” dll). Komentar yang sangat ketebak utk memuji peserta, jika suara kurang bisa dipuji.

3. Bastian

Gue langsung bisa prediksi dia masuk babak pentas, waktu liat ada SION IC1 yg juga dukung dia. Tadinya gue pikir dia kakaknya. Tapi katanya "bapaknya kan beda?" Lha gaktau deh. Pokoknya dia ada hubungannya ama sion deh. Yang gue inget dari dia, dia peserta yg mewakili “anak2 banget”. Trus, seperti kata sion, dia nyanyinya suka dongak2. haha.. masih gak tuh ya? Gaktau deh. Yang jelas, jadi Bastian, ya susah2 gampang. Soalnya pastinya dibanding2in ama abang sion. (btw skrg sion tampak makin dewasa and udah biasa jadi artis banget ya. Gayanya asik bener, bang. Haha).

4. Cakka

Pertama tau dia lantaran di internet banyak banget kayaknya yg sebut2 ”dukung cakka”. Gue jadi penasaran untuk mengetahui gimana penampilannya, ampe bisa punya massa yang sudah cukup besar gitu, padahal belum bener2 lolos ke babak pentas...


Pas gue coba tungguin penampilan dia, hmmm, rasa penasaran gue tiba2 selesai. Gue mengerti kenapa dia byk diidolain –setidaknya- di dunia maya...


Gimana ngga, muka oke lah (gue gaktau seganteng apa di mata anak2 seumuran dia, tapi menurut gue, yaa.. tergolong oke lah..), trus bisa main gitar. Tapi, dari segi suara, hmm... sepertinya perlu banyak latihan lagi deh.. sorry ya utk pendukungnya cakka... tapi cakka bisa jadi paket komplit kalo dia berlatih suara lebih sering lagi, dan yg pasti harus EKSTRA keras... gue prediksi cakka masuk babak pentas karena fans nya yg uda banyak tsb.

5. Cahya

Pertama denger suara dia, ”wah keren bgt suaranya, kyk angel, tapi bagusan angel.

Kedua kali denger suara dia, ”ih keren, dia bisa maju terus ampe kyk angel nih, tapi tetep bagusan angel

sambil memprediksi bhw dia bakal terus lolos ampe babak pentas.

Ketiga kali denger suara dia, ”ah lama2 jadi biasa aja.”


Dengan kata lain, kurang ada perkembangan yg menonjol dari Cahya, dan cenderung monoton. Gue berharap, dari bakat yg ada, tiap minggunya, dia bisa nunjukkin penampilan yg lebih dan lebih lagi, dan kasih surprise2 yg bikin orang makin yakin utk mendukung dia.


Tapi sayang banget kan kalo “urutan IC2” di list versi gue utk nama dia harus terus2an turun krn penampilannya yg lama2 “ketebak”.

Trus, apalagi ya.. ohya, Setuju dengan komentator, gue melihat adanya komponen “over PD” dalam diri Cahya. Hmmm, Be humble, kid... :-)

6. Debo

Hmm, 1 yang paling gue ingat dari Debo : NANGIS.


hmm, maap, tapi memang itu yang langsung gue ingat. Kalo dulu itu, yang pasti nangis itu kan dayat, kalo sekarang ya Debo. Gue lupa dia yg versi nangis apa, tapi hanya ingin memberikan kritik lepada RCTI. Mbok ya kalo bikin nangis anak, jgn pake tanya2, “PENGHASILAN PAPA (atau) MAMA BERAPA?

Duh… itu hal yang private bgt kali. Artis2 yang per episode nya, penghasilannya bisa sekian puluh juta aja, gakmau ditanya pertanyaan macam itu. Gimana yg penghasilannya rendah. Malu kali... gue aja dengernya ampe gak enak. Dengan kata lain, penghasilan adalah hal yg sangat privat utk ditanyakan, jgn ampe disiarkan di nasional begitu... Setidaknya udah 3 kali gue mendengar pertanyaan serupa di IC2.

Emang sih, mungkin maksudnya baik. Siapa tau didenger oleh seorang dermawan, trus dibantu, dll. Tapi... aduh, gaktau deh, coba bikin kalimat tanya yg lebih enak didenger aja. Lagipula, menurut gue, tanpa perlu ditanyakan penghasilannya berapa, toh seharusnya pemirsa sudah bisa memprediksi berapa kisaran penghasilan beliau, dilihat dari pekerjaannya.

Oke kembali ke Debo.. Hm, gue mo ingat2 dulu, dia yang mana ya. Oh ya gue ingat. yg dibilang ama komentator suara serak2 basah... hm, waktu awal gue denger gitu, gue pikir, ”kyknya itu serak2 keselek2 gitu deh.” tapi lama2 denger2in, yaa.. boleh juga lah, ada ciri nya suaranya. Trus perkembangannya keliatan...

7. Gita

Hm, ttg Gita apa ya. Bingung. Tapi dia bukan yg gue jagokan dari awal. Karena kurang ada ciri khas ya, dari segi suara juga so so. Ohya gue inget. Dia yg suka pake pakaian harajuku. Btw, gue juga udah prediksi dia (dan ourel) yg bakal gak lolos di babak pentas perdana lho. Ternyata bener.


8. Irsyad

Untuk pendukung irsyad, maaf, gue bener2 gaktau samasekali ttg peserta satu ini. Mungkin bisa dibilang, gue belum sempat melihat penampilannya. Ato kalo gak salah, pernah, tapi gak keinget sama sekali… ada yang mau bantu mengingatkan? hehe.

9. Oik

Yan gue ingat dari Oik: Mukanya Manis, lucu, suaranya ada falset, semacam yg dimiliki oleh Gita Gutawa. Tapi begitu denger dia ngomong, medok. Hehe. Jadi lucu. Kyknya kalo liat muka ama suara nyanyinya, gak bakal nyangka, pas ngomong bisa medok begitu hehe…

Menurut gue, muka dia yg paling mending dan Manis diantara peserta cewek2 lainnya.

10. Olin

Haduh, yang ini juga gue gak gitu ingat ya. Tapi gue masih tau ada COWOK yg namanya Olin (sebelumnya gue pikir dia cewek, hehe maaf). Nah kalo irsyad tuh bener2 gak pernah tau bahkan namanya sekalipun. Hehe. Maap. Boleh lho, kalo mau ada yang ingetin hehe.

11. Ourel

Menurut gue, dia Bastian versi cewek, alias peserta yg mewakili “anak2 banget” versi cewek.

Suara, tingkah laku, postur tubuh, mewakili anak2.


Sedikit gue prediksi akan masuk ke babak pentas (waktu di babak menuju pentas idola cilik yg 21 besar, yang 1 hari peserta yg nangis banyak bgt itu.). Mengingat sepertinya di IC harus ada peserta yg bener2 masih anak2, macem IAN di IC1, dan siapa tuh, cewek yg keluar pertama di IC1. ya gitulah pokonya.


Meskipun demikian, tadinya gue prediksi BUNGA, (peserta menuju pentas idola cilik 2 yg gagal lolos), yg bakalan maju jadi peserta yg “anak2 banget”. Kyknya pitch control- nya lebih mending Bunga. Cuman emang aksi panggung Ourel lebih anak2 sih.

12. Obiet (dan) 13. Patton

Gue suka rada ketuker ama 2 orang ini. Bahkan gue gak inget sama mukanya, yg mana obiet, yang mana patton. Soalnya di mata gue mereka ada kesamaannya sih.


Kesamaannya:

sama2 langsung gue bilang “Kereeen” waktu gue melihat pertama kalinya penampilan mereka.

sama2 langsung bikin gue utk nginget2 nama mereka (tapi skrg malah jadi kebalik2 deh),

sama2 langsung gue prediksi dengan pasti kalo mereka masuk ke babak pentas, dan

sama2 gue akan terus prediksi mereka bakal masuk 5 besar babak pentas.

14. Rahmi

Gue prediksi dia masuk babak pentas, soalnya suaranya bagus jg. Selain itu juga, gue keinget sama kisah Tsunami nya, yang terus diulas dan dibahas oleh Oki. Trus waktu oki udah mo “mellow2in” (sedih2in) suasana studio, eh si rahmi gak mellow2, akhirnya oki (dengan lihainya) malah bilang, “rahmi ini anak yang tegar ya. Bla3”


Hehe. Oki bisa aja berdalihnya. Padahal gak berhasil bikin sedih, malah dibilangnya tegar.. hehe. Tapi gimanapun, tetep salut ama anak aceh yang bisa menunjukkan kalo sekarang aceh sudah bangkit.

Well, begitu kira2 ulasan ttg peserta2 IC 2.


Yang pasti, utk season ini, banyak bener yg pesertanya dimulai dengan huruf “O”.

Ditambah dengan MC dan pemusik, jumlah nama yg berhuruf depan “O” ada 6 orang.

(belum termasuk kru2 belakang layar lainnya). Hehe.


Dari season ini membuktikan, bahwa tidak sulit membuat nama berinisial “O” hehe. Apa sih... hehe.

Kesimpulannya.


Yang gue relakan untuk bertahan paling cepat adalah Debo, Ourel, Gita, Agni, Cakka.

Yang gue harapkan utk bertahan paling lama adalah Patton, Obiet, Oik, Rahmi, Cahya.

Bastian dan Abner, tengah2 deh.

Olin, dan Irsyad berlum bisa gue simpulkan.

Sekali lagi, ini hanya artikel subjektif dari seseorang yang hanya ingin mengungkapkan pendapat di blog pribadinya. Tidak ada yang statement yang paling salah atau yang paling benar. Ini hanya pendapat.

Apapun itu, gue mengharapkan yang terbaik dari acara ini.

Semoga RCTI semakin pintar dan BIJAKSANA dalam mengemas acara yg disuguhkan untuk ANAK-ANAK.

Semoga acara ini dapat melahirkan 1 lagi idola bagi anak2 yg memang layak untuk menang.

Kalo bisa 5 besarnya juga yg bener2 layak untuk menjadi 5 besar.

Gue juga berharap semoga anak2 Indonesia semakin pintar dalam memilih idolanya.

So, siapa idola kamu?

Maju terus acara anak2 Indonesia!


(*edited: untuk teman2 yang ingin komentar, disarankan memberikan komentar pada artikel ini (bukan pada CBOX. caranya : klik "komentar pada bagian bawah artikel ini) , supaya komentarnya dapat dibaca berulang2, dan tidak cepat hilang seperti komentar pada CBOX. Ok? thanks :-) )

19 komentar:

Anonim mengatakan...

aiihh...suka neh ma komentar2nya.
Olin tuh yg korban kerusuhan ambon, nah...klo Irsyad yd dari padang..pokoqna logat melayunya kental bgtlah....
Cakka embuuerrr cuakeeep..fanznya banyak bgt lo...

Tp gmn pun juga gw tetap ngedukung Patton...and...Obiet....;-))

ify idolacilik mengatakan...

hmmm...boleh juga ya komentarnya..kaloaku sih dukungnya Oik, Rahmi, Patton.... Obiet ama cakka tengah2,yang lain oke laah..tapi semuanya bagus kooo..tenang aja..hehe nonton ya 28..tapi aneh di FS ko sibuk bgt mikirin nyanyi lagu apa,,aku aja ga tau ntar nyanyi apa..hehehe

Anonim mengatakan...

kalo aku nge-FANS berat sama IRSYAD ,,,,,,,,,, IRSYAD aku slalu dukung kamu dech!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


yg fans IRSYAD JUGA................

ketik:

IC IRSYAD

kirim ke 6288

Anonim mengatakan...

IRSYAD U R THE BEST..........

dE Lover mengatakan...

Wah.........
Ok neeh

btw saya bantu ingat Irsyad yah

Irsyad itu anaknya humble bgt
dan sangat khas dengan cengkok melayunya
trus kalo ngomong juga logat melayunya gak bisa ilang
pokoknya OK deh

Sien mengatakan...

Gw dukung cakka n patton..
mungkin ama Obiet jga ^^

hehehehe..

knp??

Cakka aksi panggungnya keren bgt
juga memiliki aura bintang..
suaranya juga khas bgt..cman mungkin krn blm pernah lat vocal jd blm bisa berfibrasi..
tp gw rasa klo dilatih suaranya bisa ok bgt..

Patton..wuihh !! mantap bgt !!
mnurut gw dy yg fibrasinya paling keren diantara yg lain..emosinya saat manggung jga keren bgt...santai n mencekam..keren !

dan Obiet..
suaranya ngegemesin n teratur bgt..dy juga sederhana..
kesimpulannya gw suka dy

cman yang plg gw dukung yh CaKKA
trs PaTTon

hehehee

putrii mengatakan...

diantara semuaaaaanyaaa menurut gw yg plng bagus tuh PATTON. gilaaa suaranyaa kereeenn banget. apalagi waktu dia nyanyiin laguu kerispatih. sumpah gw sampe merinding.
pokoknya yg bgs tuu :
1. PATTON
2. OLIN
3. IRSYAD

ola....obiet mengatakan...

irsyad yg dari pdg...

suaranya jg bagus...

aq jg dari pdg neh..

tapi yg plg aq suka tu obiet,,debo,,,irsyad,,,patton...

cakka dikitlah...

abner....biasa aja...


pkonya obiet...maju terus yaw...

Anonim mengatakan...

Pattooooooooooooonn..............
dari smua kontestan patton punya smuanya.kslo ga pake votting sms aku rasa smua pasti sudah pilih PATTON sebagai juaranya. pokoknya Ketik: IC(spasi)PATTON ke 6288. PATTON IDOL SEMUA IDOLA............

Anonim mengatakan...

aku remaja 19tahun yang suka banget ma acara idola cilik.aku selalu mengikuti perjalanan mereka dari audisi sampai 14 besar.aku suka ma suara-suara mereka yang berbeda dan patut diacungi jempol,di idola cilik 1 aku suka banget ma sivia dan dayat,karena suara mereka yang paling beda.dan di idola cilik 2 aku suka bingung siapa yang paling aku idolakan, karena semuanya bagus,tapi di 14 besar ini aku tertarik dengan suara obiet dan debo.selain suara mereka beda dari yang lain,wajah mereka juga paling imut.aku pengen banget ketemu mereka berdua.

Anonim mengatakan...

hmm ak sii ska patton ama cakka .
knapa ?
prtama tu gra2 patton tuu adek klas ak ..
trus suaranya emang bgus bgd ..
bngga dee pnya ade klas kaya dy ..

klo cakka tuu ..CAKEP !haha

aya mengatakan...

kalo aku ngefans bgt ma irsyad!!!wajahnya muaniss bgt....yahh..suaranya jg mending lahh..walopun juga ga bagus2 amat...
tapi daripada cakka???nuwun sewune lah yaa...muka sih oke...suara??jatoohhhh....
hahahaa

kalo yg cewek aku juga suka oik..dia yg paling menarik drpda kontestan cewe yg laen..imut,,lucu,,nggemesin..suaranya juga bagus melengking2 gitu..hahha..

dukung terus IRSYAD dan OIK!!
patton, abner ma obiet boleh juga sihh..hhe

Anonim mengatakan...

kesan pertama gw baca blog ini
GOKIL...........!
termasuk satu hal yang cukup berani mempublikasikan plus minus nak2 IC.
gw tau blog ini dari fansite salah satu finalis.
dan gw akan selalu mendukung dia ampe gw puas.
sebagus atau sejelek apa pun penampilan dan atau tampang dia.
kalo tampangnya BAGUS tapi vocalnya biasa2 aja, tetep aja gw vote.
atau kalo vocalnya BAGUS tapi tampangya biasa2 aja, tetep aja gw vote dia.
namanya juga fans setia, mungkin juga mata gw dah terbutakan dengan apa yang MAU gw liat tapi bukan dengan apa yang HARUS gw liat.
hehehe ^^

Shera mengatakan...

(to anonim yang di atasku
hm, thanks ya uda di infoin, g baru tau ternyata post ini di link. pantes kok sering aja yg komenta.tp ya gpp sih hehe)


to all.
thanks ya buat semua commentnya

hm, sebenernya g gak bermaksud nulis plus minus kok. tapi itu semua pure kesan pertama yg gue dapet selama nonton acara2 tersebut. jadi tentunya ada yg pertama lihat langsung suka, tapi ada yg biasa aja. gitu.

tapi 1 yang pasti, gue tetep suka kok dengan IC 2. soalnya mereka semua byk yg bagus.

ada kalanya di satu kali penampilan, yg di posting atas gue bilang kurang bagus, ternyata di satu penampilan selanjutnya mereka bagus,

sebaliknya, ada yg gue bilang bagus (di artikel atas), ternyata kemarin2 gue lihat kok malah jadi kurang bagus ya.. hmmm...

berarti, yg skrg gue cari adalah: IC yang berpenampilan KONSISTEN dari minggu ke minggu.

Siapa ya?

so far, kayaknya gue melihat, obiet deh.

entahlah. mungkin berhubungan ama selera jg kali ya. soalnya gue suka terenyuh ama suara2 halus gitu. ceilehh.. haha...


btw, tebakan gue masa bener lagi. kemarin2 gue pikir yg bakal keluar GIta, sama Ourel, ternyata bener mereka yg keluar ya. ...

padahal gue cuma nebak berdasarkan yg paling kurang maksimal penampilannya, MENURUT GUE... hehe...


maklum, setiap acara bagi rapor, gue gak bisa nonton, soalnya ada ibadah. hehe.

boleh loh bagi2 update di sini siapa yg kuar tiap minggunya.. hehe.

yang keluar pas babak 12 besar siapa ya? (tadi, 4 jan 09)

kalo gue tebak, kalo gak agni, debo. benarkah? hehe.

maap kalo salah. no offense yah... :)

sekali maap buat fans2 (ataupun peserta itu sendiri) yg dikomen kurang bagus ama gue di artikel di atas.

bener2 gak maksud jelekin. tapi cuma nulis apa yg secara SPONTAN gue pikirin selama mengetahui nama peserta tsb.

setidaknya itu poin plus bagi mereka yg bisa secara langsung memberikan image positif bagi pemirsa.. hehe

sukses terus...

silahkan lanjutkan komen2 anda , tapi jgn jadi pada berantem yak hehe.

dagh...

AUTHOR.

Anonim mengatakan...

GW suka bagt ma komentar lo.. pokoke OBIET & PATTON wajib, mesti 'n kudu masuk 2 besar idola cilik.. coz suara mereka berdua tuh KERENNNN bgt dan paling bisa ngenakin lagu.. Chayoo OBIETTTT

Anonim mengatakan...

setuju!
patton dan obiet paling pantas masuk grand final,,

handri yuwono mengatakan...

walah!!!! aku malah milihnya gita masuk ke 10 besar gitu!!!

António mengatakan...

Menurut aku yang pantas masuk tiga besar itu Rahmi,Patton,Oik.Tapi yang juara satunya Rahmi coz kalo dia nyanyi bikin orang merinding.Kalo Patton suaranya bagus tapi bikin sakit kuping gue coz melengking banget suaranya.Kalo Oik suaranya luar biasa sempurna sayang selalu bikin gue ngantuk.Kalo Rahmi yang nyanyi suaranya enak di dengar,bikin semangat rasa capek dan bosan pun hilang.Rasanya mau nonton terus perform Rahmi lagi.Debo ngeselin banget sich dikit-dikit nangis,memang sich jauh dari bokap dan nyokap tapi kan jangan jadi cengeng dong.RCTI harus lebih objektif dalam menilai kualitas dan kemampuan seseorang.Maju terus Rahmi,harumkan Aceh di mata Indonesia bahkan dunia.Pokoknya yang nggak punya kualitas dan kemampuan yang bagus itu Debo,Olin,Irsyad,Abner,Ourel,Bastian, dan Abner.Mudah-mudahan semua peserta yang nggak berkualitas dan tidak bermutu ini ada di 7 terbawah.Semoga yang aku harapin jadi kenyataan.Rahmi jadi juara satu,Oik juara dua,Patton juara tiga.Kalo Cahya,Agni,Obiet,Gita Rebutan 4,5,6,dan 7 dech!Thanks............

♥ syifa ♥ aulia ♥ 'kakcipa' ♥ mengatakan...

Oik, Abner, Cakka, Obiet